Membuat list dari sebuah CD Mp3 atau Software

Bagi yang biasa membuat cd kumpulan software atau mp3 pasti pernah ngalamin kasus seperti ini, yaitu bingung tuk nerangin isinya karna gak hafal. Pernah nich temen minta di buatkan CD berisi tentang kumpulan software  requestnya sich : “yang bagus-bagus n baru-baru yach?”, trus setelah jadi dan ngasiin ke dia nich, langsung di tanya : “isinya apa aja”, hmmmm bingung juga neranginya, kenapa ? karena NGGAK HAFAL ISINYA APA AJA!  seandainya nich, bisa buat list isi dari suatu drive/folder khan lebih enak , ada yang nyeletux :”khan bisa dibuatkan list filenya pake komputer”, bener, tapi gimana caranya? melalui windows explorer? nggak bisa noch, masa tulis nama filenya atu2, sama juga kalau menggunakan DOS, bisa pake perintah DIR, tapi kalau filenya banyak susah jadinya, nggak praktis

ada trik sederhana di DOS, filosofinya begini : kenapa hasilnya perintah DIR nggak di simpan aja ke file dalam format text (txt)? jadi bisa di edit pake word atau notepad atau text-editor lainnya?  OK, ada trik sederhana menggunakan perintah redirection( > ) yang di kombinasikan dengan perintah DIR:

<drive>:\<Folder atau directory kalau ada>\DIR <parameter> > <nama file>.txt

misal : c:\data\dir > list.txt


hasilnya akan di buat file list.txt yang berisi seluruh file yang ada di folder data perintah dir sendiri bisa ditambahkan parameter2 yang di inginkan sesuai kebutuhan, misal:  c:\DIR /s > list_semua_file_di_drive_koe.txt   hasilnya sebuah file yang berisi hasil perintah DIR yang mendisplay seluruh isi folder berserta sub-subnya
Nah… kalau begini udah selesai khan masalahnya..  tinggal di edit pake notepad/word/dll print…

ada yang nyeletux lagi : “sayang sich, nggak bisa pake windows explorer… seandainya ada cara yang lebih praktis… aku khan nggak familiar ma DOS”  jawabnya : BISA (– ngomongnya harus dengan penuh semangat bersamaan dengan salah satu tangan di kepal — kayak iklan minuman energi aja yach! huehuhe LOL :-p)
yakni di context menu windows explorer (menu yang keluar waktu di klik kanan)
begini caranya:

langkah 1: Membuat batch file
batch file di gunakan sebagai ‘engine’ penghasil file text kita nantinya so langsung aja:
1. buka notepad (start–>run–>ketik notepad | atau bisa juga dari start–>all programs–>accessories)
2. ketik : dir /a /-p /o:gen >list.txt
3. safe filenya tapi sebelum di safe ganti dulu type file safenya ke all file dan ketik listfile.bat
ingetin yach nyimpennya di mana tadi

Langkah ke 2: Modifikasi windows explorer context menu
1. buka windows explorer
2. pilih menu tools–>Folder Options–>File Types tab–> Folder–>Advanced–>New
3. nanti akan muncul new action box, di deskripsi action masukkin aja : buat list filenya (atau apa aja dech yang penting nyambung)
4. di “aplication used to perfom action” masukkin aja file batch tadi (pake browse aja biar enak nyarinya) abis itu di OK
5. nah sekarang udah nambah khan (liat aja di list actionnya pada edit file type window)

sekarang waktunya di coba tuch, coba aja di windows explorer di my document, khan ada folder2 tuch di situ, klik kanan aja dan lihat hasilnya, di coba gih. Kalau mau di hapus yang kita buat tadi harus melalui registry, caranya :
1. buka registry editor
2. cari entry : HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\shell\<nama yang di masukkin tadi>   misal : HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\shell\buat_list_filenya
3.delete aja, otrey?

Dicoba deh semoga berhasil, kalau gak berhasil diulangin lagi sambil diplototin ane jamin bisa he .. he ..

Explore posts in the same categories: Windows

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: